Ongkos Dan Penerimaan
Macam – macam Biaya
Pengertian biaya adalah segala yang berhubungan dengan
hasil yang diharapkan di w y d
• Macam – macam biaya:
biaya
tetap(FC) Ongkos Total Tetap adalah jumlah ongkos yang tetap yang tidak
dipengaruhi oleh tingkat produksi . Contoh: penyusutan, sewa dsb
biaya
variabel(VC) Ongkos Variabel Total adalah jumlah ngkos-ongkos yang dibayar
besarnya berubah menurut tingkat yang dihasilkan . Contoh: ongkos bahan mentah,
tenaga kerja dsb
biaya
total(TC) Ongkos Total adalah penjumlahan antara ongkos total tetap dengan
ongkos total variable TC=TFC+TVC.
biaya
rata – rata(AC) Average Fixed Cost adalah ongkos tetap yang dibebankan kepada
setiap unit output AFC=TFC/Q, diaman Q=tingkat output
biaya
marginal(MC) adalah tambahan atau berkurangnya ongkos total kerena bertambahnya
atau berkurangnya satu unit Output.
Ongkos Produksi dapat dibedakan
menjadi
1. Ongkos
Produksi Jangka Pendek
Dalam ongkos produksi jangka pendek perusahaan sudah
mempunyai peralatan-peralatan untuk produksi seperti mesin, gedung dan tanah.
2. Ongkos
Produksi Jangka Panjang
Dalam ongkos produksi jangka panjang, perusahaan dapat
menambah semua factor produksi, sehingga tidak ada ongkos tetap dalam jangka
panjang. Semua pengeluaran merupakan ongkos variaber.
Penerimaan(Revenue)
Pengertian Penerimaan adalah Segala penerimaan
produsen dari hasil penjualan outputnya
• Macam – macam reveneu:
Total
Reveneu(TR) Yaitu total penerimaan dari hasil penjualan
Average
Reveneu(AR) Yaitu rata-rata penerimaan dan per kesatuan produk yang dijual,
atau yang dihasilakan,m yang diperole dengan jalan membagi hasil total
penerimaan dengan jumlah satuan barng yang dijual.
Marginal
Reveneu(MR) Yaitu penambahan penerimaan atas TR sebagai akibat penambahan satu
unit output
Keuntungan Maksimum
Pengertiannya adalah keuntungan penuh dari output yang
telah diproduksi sebelumnya
Pendekatan dalam mencari keuntungan maks:
• Pendekatan total,mencari selisih antara TR dgn TC yaitu total penerimaan
dari hasil penjualan
• Pendekatan Rata – rata,P > AC yaitu rata-rata penerimaan dan per
kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan, yang diperoleh dengan jalan
mebagi hasil total penerimaan dengan jumlah satuan barang yang dijual.
• Pendekatan Marginal,MR = MC yaitu penambahan penerimaan atas TR sebagai
akibat penambahan satu unit Output.
Dalam pasar persaingan tidak sempurna MR menurun dati
kiri atas kekanan bawah dan nilainya dapat berupa:
1. Positif
2. Sama dengan
nol;
3. Negatif
Bentuk matematis secara sederhana dapat ditulis:
TR= P x Q
P x Q
AR=TR : Q atau Q=P
Dtr
MR= Dq = TRn – TRn-1
No comments:
Post a Comment