PERILAKU KONSUMEN
Pengertian Konsumen
Konsumen adalah
setiap orang pengkonsumsi barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat,
baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup
lain dan tidak untuk diperjual – belikan kembali. Apabila tujuan pembelian
produk tersebut untuk dijual kembali, maka orang tersebut disebut pengecer atau
distributor
Perilaku Konsumen
adalah semua
kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut
pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan
jasa setelah melakukan hal – hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.
Secara sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal
berikut:
Why :
Mengapa ingin mengkonsumsi barang/jasa tersebut?
What :
Berupa apa barang/jasa tersebut?
Where :
Dimana bisa mendapatkan barang/jasa tersebut?
Who : Siapa
yang berusaha untuk mendapatkan barang/jasa tersebut?
When : Kapan
bisa mendapatkan barang/jasa tersebut?
How :
Bagaimana barang/jasa tersebut didapatkan?
• Pendekatan Prilaku Konsumen
1. Pendekatan Kardinal
Pendekatan kardinal,kepuasan dapat diukur dgn uang atau satuan hitung lainnya ( Marginal dan total Utility).
2. Pendekatan Ordinal
kepuasan tidak dpt diukur dengan satu satuan satuan(Kurva indefference dan Budget Line)
- Marginal Utility
- Total Utility
- Indifference Curve
- Budget Line
• Konsep Elastisitas
Pengertian Elastisitas, elastisitas,derajat kepekaan jmlh permintaan thdp perubahan salah satu faktor yg mempengaruhi
Macam – macam koefisien Elastisitas:
elastis sempurna,elastis,elastisitas tunggal, inelastis, inelastic sempurna
Jenis Elastisitas:
Permintaan & Penawaran
Jenis – jenis elastisitas permintaan dan penawaran secara umum:
– Elastisitas Harga
– Elastisitas Silang
– Elastisitas Pendapatan
Referensi:
•
Pengantar
Ekonomi,Iskandar putong,Ghalia, Jakarta,2003
•
Pengantar
Ilmu Ekonomi,Pratama Mandala,UI,jakarta,2004
•
Pengantar
Ekonomi, Diktat kuliah Gunadarma, Jakarta,1991
No comments:
Post a Comment