Sunday, May 13, 2012


PERILAKU KONSUMEN
Pengertian Konsumen
Konsumen adalah setiap orang pengkonsumsi barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperjual – belikan kembali. Apabila tujuan pembelian produk tersebut untuk dijual kembali, maka orang tersebut disebut pengecer atau distributor
Perilaku Konsumen
adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal – hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.
Secara sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal berikut:
Why : Mengapa ingin mengkonsumsi barang/jasa tersebut?
What : Berupa apa barang/jasa tersebut?
Where : Dimana bisa mendapatkan barang/jasa tersebut?
Who : Siapa yang berusaha untuk mendapatkan barang/jasa tersebut?
When : Kapan bisa mendapatkan barang/jasa tersebut?
How : Bagaimana barang/jasa tersebut didapatkan?

• Pendekatan Prilaku Konsumen
1. Pendekatan Kardinal
Pendekatan kardinal,kepuasan dapat diukur dgn uang atau satuan hitung lainnya ( Marginal dan total Utility).

2. Pendekatan Ordinal
kepuasan tidak dpt diukur dengan satu satuan satuan(Kurva indefference dan Budget Line)
- Marginal Utility
- Total Utility
- Indifference Curve
- Budget Line

• Konsep Elastisitas
Pengertian Elastisitas, elastisitas,derajat kepekaan jmlh permintaan thdp perubahan salah satu faktor yg mempengaruhi

Macam – macam koefisien Elastisitas:
elastis sempurna,elastis,elastisitas tunggal, inelastis, inelastic sempurna

Jenis Elastisitas:
Permintaan & Penawaran
Jenis – jenis elastisitas permintaan dan penawaran secara umum:
– Elastisitas Harga
– Elastisitas Silang
– Elastisitas Pendapatan
Referensi:
          Pengantar Ekonomi,Iskandar putong,Ghalia, Jakarta,2003
          Pengantar Ilmu Ekonomi,Pratama Mandala,UI,jakarta,2004
          Pengantar Ekonomi, Diktat kuliah Gunadarma, Jakarta,1991


No comments:

Post a Comment