Sunday, May 13, 2012

Pengertian Produsen

Produsen adalah orang atau sekelompok badan usaha yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan. Produsen berhubungan dengan yang namanya produksi. Produksi merupakan kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu barang atau menciptakan barang baru sehingga bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan produksi itu sendiri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Sementara kemakmuran itu sendiri akan tercapai jika tersedia barang dan jasa yang mencukupi.


Produksi dan fungsi produksi
Produksi adalah menambah kegunaan suatu barang

Fungsi produksi, hubungan teknis antara faktor produksi(C,R,T,L) dgn hasil produksi.
Fungsi produksi merupakan suatu bagian fungsi yang ada pada perusahaan yang bertugas untuk mengatur kehiatan-kegiatan apa saja yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi.
Dengan mengatur kegiatan itu maka diharapkan proses produksi dapat berjalan lancar dan hasil produksi pun akan bermutu tinggi sehingga dapat diterima oleh masyarakat pemakainya.
Produksi dengan menggunakan:
1 variabel & yg lain tetap
2 variabe,kombinasi 2faktor produksi ditunjukkan dg kurva isocost dan isoquant

Keseimbangan produsen
Terjadi pada saat produsen mengkombinasikan dua faktor produksi dengan memberikan output yang max.
Keseimbangan dicapai dengan prinsip output max. atau minimalisasi biaya
Least Cost Combination(LCC)
Least Cost Combination yaitu menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan.
Penggunaan kombinasi faktor produksi dengan menggunakan biaya yg paling murah
Syarat LCC: MRTS (marginal rate of technical substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi penggunaan input

No comments:

Post a Comment