Monday, April 5, 2010

Java (SE,EE,ME)

1.1Pengenalan Java

Java adalah bahasa pemprograman serbaguna. Java lahir pada saat penelitian yang dilakukan oleh sejumlah insinyur di Sun California pada Agustus tahun 1991 , dengan nama Oak pada Januari 1995.nama ini terinspirasi ketika James Gosling pembuatnya melihat pohon oak di seberang kantornya. Nama oak dianggap kurang komersial, maka mereka mengubah namanya menjadi Java. Penamaan java sendiri terinspirasi ketika para tim minum kopi di sebuah kedai kopi dekat kantor mereka. Salah seorang tim berbicara tentang asal – muasal biji kopi yang mereka minum yaitu dari java (pulau jawa). Kemudian para tim sepakat menamakan bahasa itu java dengan logo secangkir kopi panas.

Perangkat lunak java dapat membuat aplikasi berbasis PC, berbasis web, dan selular. Java di buat dengan bahasa pemprograman C++, tetapi mengakomodasi teknologi terbaik dari bahasa pemprograman C dan memperbaiki kekurangan bahsa pemprograman C++. Pada saat yang sama perkembangan internet begitu pesat, sehingga java dalam waktu tidak lama telah menjadi popular di kalangan para pengembang web. Setelah sukses dengan pemprograman internet, kemudian mereka mengembangkan java ke pemprograman desktop, mobile, klienserver(jaringan), dan lainnya.

1.2 Versi Java

Sun Microsystem sebagai pengembang java menyediakan tiga versi yang dapat dimanfaatkan oleh progremer sesuai kebutuhan.

§ Java 2 Platform Standard Edition (J2SE)

Java 2 platform Standard Edition atau biasa dikenal dengan J2SE digunakan dalam pemprogrman aplikasi desktop atau server.

§ Java 2 Platform Enterprise Edition (J2EE)

J2EE merupakan paket J2SE yang ditambah dengan fitur untuk pengembangan aplikasi enterprise yang mempunyai memori besar seperti computer server. Focus pengembangan pada paket J2EE adalah server Web termasuk di dalamnya sevler, JSP,EJB,EMS,dan XML.

§ Java 2 Mobile Edition (J2ME)

J2ME digunakan untuk melakukan pemprograman pada perangkat mobile yang memiliki memori kecil. Peralatan-peralatan Handphone, PDA, Poket PC dll. Dan untuk pengembangan aplikasi “Mobile Busway Map 2010” lebih lanjut menggunakan Netbeans ID 6.0.

No comments:

Post a Comment